Kader Golkar Papua Barat Dukung Langkah Walikota Sorong Dalam Penanganan Covid-19

Manokwari – Isolasi Apung Terpusat (Isoter) bagi pasien covid-19 di Kota sorong akan dilakukan di atas Kapal KM Sirimau milik Pelni. Launching pengoperasian Isoter dilaksanakan pagi ini, Selasa (24/08) oleh Walikota Sorong Lamberthus Jitmau, jajaran Muspimda Kota Sorong, pihak Pelni dan dihadiri secara virtual oleh Menteri Perhubungan Repulik Indonesia. Kapal itu punya kapasitas tampung 400 pasien, sedangkan tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang sepenuhnya disiapkan oleh pihak Pemerintah Kota Sorong.

Sekretaris DPD Partai GOLKAR Provinsi Papua Barat, Selviana Wanma mewakili Pengurus dan Kader Partai GOLKAR Papua Barat mendukung langkah Walikota sorong yang juga sebagai Ketua DPD Partai GOLKAR Provinsi Papua Barat yang dianggap sebagai terobosan nyata dalam penanganan pandemic covid-19 di Kota sorong.

Launching pengoperasian Isoter dilaksanakan pagi ini, Selasa (24/08) oleh Walikota Sorong Lamberthus Jitmau,

Pada penerapan PPKM tanggal 21 Juli yang lalu, Kota Sorong masuk dalam kategori PPKM level 4. Dengan intervensi Pemerintah Kota, serta penerapan yang ketat regulasi penanganan covid-19 Kota Sorong 2 minggu kemudian dapat menurunkan level menjadi level 3, dengan hadirnya Isoter ini selvi berharap Kota Sorong bisa meningkatkan angka kesembuhan dan levelnya terus turun.

“Ini terobosan nyata yang diambil pak Walikota, tidak semua Kabupaten/Kota bisa menghadirkan Isolasi Apung Terpusat. Saya selaku sekretaris DPD Partai GOLKAR mewakili pengurus dan kader partai di papua Barat mendukung penuh langkah bung LJ. Dibulan juli lalu, Kota Sorong level 4, dengan intervensi Pemkot dan penerapan yang ketat regulasi PPKM dua minggu kemudian Kota Sorong turun ke level 3, ini kesuksesan yang mesti terus kita dukung. Apalagi dengan Isoter ini, diharapkan tingkat kesembuhan meningkat dan level PPKM akan semakin turun,” kata Selvi.

Selvi memuji kemampuan komunikasi walikota sorong yang berhasil mendatangkan kapal Pelni ke Kota sorong. Menurutnya, kepala daerah dituntut punya kemampuan komunikasi dengan pusat untuk bersinergi menyelamatkan rakyat dari pandemic covid-19. Apalagi, Ketua Umum Partai GOLKAR Airlangga Hartarto telah didaulat oleh Presiden Jokowi sebagai koordinator PPKM di luar Jawa-Bali, sehingga para kader yang memegang jabatan kepala daerah juga secara moril bertanggungjawab untuk mendukung kebijakaan Airlangga hartarto dalam kapasitasnya sebagai koordinator PPKM diuar Jawa-Bali.

“Tidak semua daerah dipercaya kemenhub dan pelni untuk mengirimkan kapalnya guna dijadikan fasilitas Isoter. Diperlukan kemampuan komunikasi kepala daerah dengan pusat, serta sinergi yang baik untuk menyelamatkan rakyat dari pendemic covid-19, dan pak LJ sudah membuktikan itu. Ketua Umum kami sudah didaulat oleh Presiden Jokowi sebagai koordinator PPKM diluar Jawa-Bali, sehingga kader-kader yang memegang jabatan kepala daerah secara moril juga bertanggungjawab kepada Ketua Umum melaksanakan PPKM ini”
Pengusaha asli Papua yang tergabung dalam wadah KADIN ini mengaku salut dengan karakter kepemimpinan walikota sorong. Ia menganggap LJ sebagai pemimpin yang berani mengambil langkah tidak populer dan anti-mainstream demi tujuan yang lebih besar yaitu kesejahteraan rakyatnya.

Foto Bersama usai Launching pengoperasian Isoter dilaksanakan pagi ini, Selasa (24/08) oleh Walikota Sorong Lamberthus Jitmau

Berkali-kali sudah dibuktikan oleh Walikota dalam masa kepemimpinannya yaitu memindahkan Pasar, membangun bandara, yang menuai aksi protes namun saat ini hasil karya pak Lj tersebut telah dinikmati oleh rakyat. Demikian pula dalam langkahnya menghadirkan fasilitas Isoter ini, tentu ada pihak yang tidak setuju dengan berbagai alasan, namun dengan berprinsip pada “keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi” LJ tetap teguh menjalankan kebijakannya. “jadi LJ ini pemimpin yang berani, berani untuk tidak populer dan kalau sekarang istilahnya anti-mainstream.

Saya salut dengan karakter beliau dan tentu akan saya contoh jika suatu saat dipercaya rakyat memegang jabatan. Sudah berkali-kali selama beliau menjabat, pindahkan bandara beliau diprotes keras, pindahkan pasar ke pasar yang lebih baik juga diprotes, kali ini juga diprotes. Namun dengan prinsip bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi beliau tetap teguh menjalankan kebijakannya,”ujarnya.

Sebelumnya, Program karantina terpusat terapung pasien Covid-19 di Kota Sorong, Papua Barat mulai beroperasi setelah diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, Selasa (24/8/2021).

Dioperasikannya karantina terpusat terapung di Kota Sorong merupakan kolaborasi nyata antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kota Sorong dalam penanggulangan pandemi covid – 19 di Provinsi Papua Barat khususnya di Kota Sorong.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya secara virtual mengatakan, KM Sirimau berkapasitas 460 tempat tidur dapat digunakan sebaiknya untuk melayani masyarakat Kota Sorong.

Dia mengatakan, sampai saat ini masih terjadi penyebaran Covid-19. Dengan adanya fasilitas kapal isolasi terapung ini, masyarakat Sorong yang sedang melakukan isolasi mandiri dapat memanfaatkannya.

Sesuai perintah Presiden Jokowi semua kementerian harus bekerja sama dengan pemerintah di daerah untuk menangani pandemi Covid-19, ujarnya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sorong, KSOP, Pelindo, Pelni, dan pihak terkait lainnya atas kerja sama yang baik. Semoga program ini bermanfaat bagi kita semua,” tambah dia.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau yang mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan yang telah membantu Pemerintah Kota Sorong KM Sirimau guna isolasi terapung pasien Covid-19.

Dikatakan, Pemerintah Kota Sorong meminta bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk menyediakan kapal guna menyiapkan fasilitas isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar.

“Bapak Menteri Perhubungan langsung memerintahkan PT Pelni menyediakan kapal KM Sirimau untuk karantina pasien Covid-19 di Kota Sorong,” kata LJ yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat.

“Sekali lagi, atas nama masyarakat kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Menteri Perhubungan dan presiden yang memberikan perhatian terhadap Kota Sorong,” ia menambahkan.

Lambert mengajak warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk menjalani isolasi terpusat apung di KM Sirimau.

“Makanan dan obat-obatan selama menjalani karantina di atas kapal KM Sirimau gratis disiapkan pemerintah,” ujar Walikota Sorong dua periode ini.